Asesmen Nasional dan Pembelajaran Jarak Jauh

PSPK berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk merancang gagasan untuk memformulasikan kembali Asesmen Nasional. Di saat yang bersamaan, PSPK mendampingi pemerintah lokal dalam menjaga kualitas pengajaran guru di saat pandemi Covid-19.

Asemen (penilaian) hasil belajar siswa merupakan bagian yang esensial dalam proses belajar mengajar. Reformasi pendidikan kerap kali memposisikan siswa sebagai objek: seperti memenuhi kebutuhan pasar atau mewariskan nilai-nilai yang dianggap penting oleh generasi sebelumnya. Kajian ini berusaha untuk mengembalikan posisi siswa sebagai subjek dalam reformasi pendidikan – termasuk dalam hal asesmen. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan potensi dan kesejahteraan siswa secara utuh.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, PSPK berhasil memformulasikan konsep dan metodologi baru untuk sistem asesmen nasional. Rancangan tersebut yang dituangkan dalam naskah akademik diadaptasi oleh Kemendikbud sebagai kebijakan yang mengubah implementasi asesmen nasional selama ini.

Sementara itu,  di masa pandemi Covid-19 peserta didik, guru, dan orang tua harus beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh. Menyikapi kondisi ini, PSPK merancang buku panduan pembelajaran jarak jauh dan rancangan kurikulum yang dapat digunakan. Semua materi yang telah dibuat PSPK dapat diakses oleh semua guru, tidak hanya di DKI Jakarta tetapi juga daerah lain.

Selengkapnya untuk mengakses Panduan Pembelajaran Jarak Jauh

Add a Comment

Your email address will not be published.