Our Team

Experts

Itje Chodidjah

Head of expert

Chodidjah meraih gelar Doktoral dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung...

 

Itje Chodidjah

Position: Head of expert
Categories: Expert

Chodidjah meraih gelar Doktoral dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung Indonesia) di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Beliau memulai karirnya sebagai guru. Sepanjang karirnya di bidang pendidikan, beliau mengembangkan berbagai keahlian, antara lain dalam pengembangan profesional, pengembangan kurikulum, dan kepemimpinan pendidikan. Saat ini beliau menjadi Ketua Dewan Pakar Di PSPK.

Abdul Malik

Expert

Abdul Malik meraih gelar Doktoral dari Michigan State University di...

 

Abdul Malik

Position: Expert
Categories: Expert

Abdul Malik meraih gelar Doktoral dari Michigan State University di bidang Ekonomi. Beliau memulai karirnya sebagai Staf Perencanaan Infrastruktur Sipil Utama Pembangkit Listrik Tenaga Air di Proyek Induk Pembangkit Hidro Jawa Barat. Saat ini Beliau menjadi konsultan di beberapa Kementerian termasuk Kementrian keuangan dan Kementerian Pendidikan dan  menjadi Dewan Pakar di PSPK.

Bambang Sumintono

Expert

Bambang Sumintono meraih gelar Doktoral dari Victoria University of Wellington...

 

Bambang Sumintono

Position: Expert
Categories: Expert

Bambang Sumintono meraih gelar Doktoral dari Victoria University of Wellington di bidang Kebijakan Pendidikan.Beliau Memulai karirnya menjadi guru kimia di Sekolah Menengah di Lombok selama 7 tahun. Saat ini beliau menjadi Dosen di Universitas Islam International Indonesia. Saat ini beliau juga menjadi Dewan Pakar di PSPK.

Bukik Setiawan

Expert

Bukik Setiawan meraih gelar Magister dari Universitas Airlangga di bidang...

 

Bukik Setiawan

Position: Expert
Categories: Expert

Bukik Setiawan meraih gelar Magister dari Universitas Airlangga di bidang Psikologi. Beliau memulai karirnya menjadi Dosen Tetap di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Saat ini beliau menjadi Ketua Yayasan Guru Belajar, pendiri Komunitas Guru Belajar Nusantara, Jaringan Sekolah Madrasah Belajar dan Komunitas Pengawas Belajar Nusantara, inisiator Lingkar Daerah Belajar, dan juga Dewan Pakar PSPK

Elih Sudiapermana

Expert

Elih Sudiapermana meraih gelar Doktoral dari Universitas Negeri Jakarta di...

 

Elih Sudiapermana

Position: Expert
Categories: Expert

Elih Sudiapermana meraih gelar Doktoral dari Universitas Negeri Jakarta di bidang Penelitian dan evaluasi pendidikan. Beliau memulai karirnya menjadi Dosen di Universitas Pendidikan Indonesia sampai saat ini. Beliau fokus pada pendidikan, penelitan dan pengabdian Masyarakat serta menjadi Dewan Pakar di PSPK.

Elin Driana

Expert

Elin Driana meraih gelar Doktoral dari Ohio University di bidang...

 

Elin Driana

Position: Expert
Categories: Expert

Elin Driana meraih gelar Doktoral dari Ohio University di bidang Penelitian dan evaluasi pendidikan. Beliau memulai karirnya menjadi Dosen di Universitas Bina Nusantara di bidang statistik dan probabilitas. Saat ini beliau menjadi Dosen tetap di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka. Beliau juga menjadi Dewan Pakar di PSPK.

Santoso

Expert

Santoso meraih gelar Magister dari Universitas Indonesia di bidang Ekonomi....

 

Santoso

Position: Expert
Categories: Expert

Santoso meraih gelar Magister dari Universitas Indonesia di bidang Ekonomi. Beliau memulai karirnya sebagai peneliti di Pusat Kajian Sumber Daya Pesisir dan Laut, IPB. Saat ini beliau sebagai Direktur Eksekutif di Artikel 33 Indonesia. Beliau juga menjadi Dewan Pakar di PSPK.

Satryo Soemantri Bojonegoro

Expert

Satryo meraih gelar Doktoral di bidang teknik mesin dari University...

 

Satryo Soemantri Bojonegoro

Position: Expert
Categories: Expert

Satryo meraih gelar Doktoral di bidang teknik mesin dari University of California, Berkeley, USA. Beliau memulai karirnya menjadi Ketua Jurusan Teknik Mesin ITB. Saat ini beliau aktif sebagai dosen tamu di bidang teknik mesin di Toyohashi University of Technology, Jepang dan ITB. Beliau juga menjadi Dewan Pakar di PSPK.

Team

Najelaa Shihab

Ketua Dewan Pembina

 

Najelaa Shihab

Position: Ketua Dewan Pembina
Categories: Management

Nisa Felicia

Executive Director

Nisa Felicia adalah Direktur Eksekutif yang memiliki minat penelitian tentang...

 

Nisa Felicia

Position: Executive Director
Categories: Lingkar Studi Kebijakan Pendidikan, Management, Policy Analyst

Nisa Felicia adalah Direktur Eksekutif yang memiliki minat penelitian tentang kebijakan pendidikan dari perspektif kesenjangan kesempatan pendidikan. Pada tahun 2019 Nisa memimpin tim PSPK dalam memberikan dukungan strategis dan teknis untuk Kemendikbudristek untuk perancangan dan implementasi Kurikulum Merdeka. Ia memulai kariernya di dunia pendidikan sebagai guru SD pada tahun 2003 dan kemudian menjadi fasilitator untuk program peningkatan kompetensi guru sebelum menjadi dosen dan dekan Fakultas Pendidikan Universitas Sampoerna. Nisa menempuh studi S2 jurusan kurikulum dan pedagogi di Universiti Kebangsaan Malaysia dan S3 di bidang kebijakan pendidikan di University at Albany, State University of New York. Ia bercita-cita untuk dapat mempublikasikan karya tulis yang dapat menggerakkan seluruh anggota masyarakat untuk mengambil peran dalam peningkatan kualitas pendidikan anak Indonesia.

 

Publikasi

Stien J. Matakupan

Deputy Director

 

Stien J. Matakupan

Position: Deputy Director
Categories: Lingkar Daerah Belajar, Management, PEMANTIK, Policy Analyst

Adesti Komalasari

Lead Fundraising

 

Adesti Komalasari

Position: Lead Fundraising
Categories: Policy Analyst

Mandira Bienna Elmir

Head of Legal

Mandira adalah seorang peneliti dan Head of Legal dari PSPK....

 

Mandira Bienna Elmir

Position: Head of Legal
Categories: Legal, Policy Analyst

Mandira adalah seorang peneliti dan Head of Legal dari PSPK. Sebagai peneliti, ia memiliki fokus pada isu-isu hukum dan kebijakan pendidikan, khususnya terkait akses pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan tinggi. Sebelum bergabung di PSPK, Mandira merupakan tim Staf Ahli Menteri bidang Regulasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Disamping pengalamannya dalam kebijakan publik dan pendidikan selama lebih dari 10 tahun, saat ini ia juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Forum Indonesia Muda dan dosen Hukum Tata Negara pada IBLAM School of Law. Ia memperoleh gelar sarjana hukum dan magister hukumnya dari Universitas Gadjah Mada.

Publikasi

Ditha Cahya Kristiena

Head of Data and Assesment

Ditha merupakan seorang peneliti kebijakan pendidikan dasar dan menengah yang...

 

Ditha Cahya Kristiena

Position: Head of Data and Assesment
Categories: Data & Assesment, PEMANTIK, Policy Analyst

Ditha merupakan seorang peneliti kebijakan pendidikan dasar dan menengah yang saat ini fokus pada isu akses pendidikan berkualitas, pembelajaran, kurikulum, asesmen, dan mendampingi dalam implementasi pengumpulan data umpan balik dan evaluasi beberapa kebijakan pendidikan yang menjadi fokus isunya. Sebelumnya, ia banyak mengerjakan kebijakan pendidikan terkait pendidikan anak usia dini dan guru. Saat ini ia juga merupakan Head of Data and Assessment di PSPK, di mana unitnya bertanggung jawab dalam mendorong advokasi kebijakan pendidikan yang berbasis bukti dan data (data-driven policy) serta memastikan penelitian-penelitian di PSPK sesuai dengan Etika Penelitian PSPK. Sebelum bergabung di PSPK, ia pernah bekerja sebagai guru SD di daerah rural, konselor di sebuah universitas, serta bekerja di bidang human resources, dan mengenyam pendidikan sarjananya di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.

Publikasi

Angela Merici

Lead PEMANTIK

Angela adalah seorang peneliti kebijakan pendidikan di PSPK dan berperan...

 

Angela Merici

Position: Lead PEMANTIK
Categories: PEMANTIK, Policy Analyst

Angela adalah seorang peneliti kebijakan pendidikan di PSPK dan berperan juga sebagai Projek Lead Platform Asesmen Literasi dan Numerasi Pemantik. Terkait kebijakan pendidikan, Angela terlibat dan berfokus pada kebijakan terkait guru, baik dalam konteks guru pendidikan umum maupun vokasi. Angela juga berfokus pada kebijakan dan penelitian pendidikan dasar dan menengah, khususnya terkait pengembangan kompetensi literasi dan numerasi anak. Angela menyelesaikan pendidikan sarjananya pada bidang Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Malang, sebelum menempuh pendidikan master di Teachers College Columbia University, New York pada program Kebijakan Pendidikan.

Publikasi

Qonita Beldatis Syafiqo

Tenaga Ahli

Belda adalah seorang policy analyst dan Lead of Lingkar Daerah...

 

Qonita Beldatis Syafiqo

Position: Tenaga Ahli
Categories: Lingkar Daerah Belajar, Policy Analyst

Belda adalah seorang policy analyst dan Lead of Lingkar Daerah Belajar (LDB) dari PSPK. Sebagai policy analyst, ia memiliki fokus pada kebijakan pendidikan khususnya terkait akses pendidikan dasar dan menengah serta kapasitas ekosistem pendidikan di daerah. Sebelum bergabung di PSPK, Belda merupakan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan DKI Jakarta. Sudah lebih dari 6 tahun menjalani peran pada sektor pendidikan, dengan latar belakang sarjana matematika dari Universitas Padjadjaran membuat Belda kerap menerapkan perspektif matematika pada analisis kebijakan di bidang pendidikan.

Publikasi

Kilas Kebijakan Pendidikan: Polemik PPDB, Kekurangan Daya Tampung, dan Opsi Kebijakannya 

Pandu Ario Bismo

Head of Operations

 

Pandu Ario Bismo

Position: Head of Operations
Categories: Operational, Policy Analyst

Muhammad Ciro Danuza

Policy Analyst

Ciro adalah seorang peneliti dan Data Analyst dari PSPK. Sebagai...

 

Muhammad Ciro Danuza

Position: Policy Analyst
Categories: Data & Assesment, Policy Analyst

Ciro adalah seorang peneliti dan Data Analyst dari PSPK. Sebagai peneliti, ia memiliki fokus pada data dan kebijakan pendidikan, khususnya terkait data asesmen, anggaran dan pembiayaan pada pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah. Selain pada isu pendidikan, ia memiliki pengalaman terkait analisis data, penelitian, dan advokasi kebijakan di berbagai isu. Hal ini dikarenakan, selain di PSPK, Ciro merupakan peneliti pada lembaga riset kebijakan Article 33 Indonesia, yang fokus pada isu ekonomi, sosial, dan pembangunan inklusif. Ia memperoleh gelar sarjana ekonomi dari Universitas Diponegoro.

Publikasi

Estimating the Return on Education: Evidence from Indonesian Survey Data

Stephen Pratama

Lead Lingkar Studi Kebijakan Pendidikan

Stephen adalah lead dari Lingkar Studi Kebijakan dan Pendidikan di...

 

Stephen Pratama

Position: Lead Lingkar Studi Kebijakan Pendidikan
Categories: Lingkar Studi Kebijakan Pendidikan, Policy Analyst, Project Management

Stephen adalah lead dari Lingkar Studi Kebijakan dan Pendidikan di PSPK. Minat kajiannya meliputi ketidaksetaraan sosial dalam pendidikan dan kesejahteraan guru. Ia berpengalaman dalam mengelola proyek-proyek pembangunan pendidikan mulai dari perencanaan dan penganggaran hingga implementasi. Ia memperoleh gelar Sarjana Sosial (S.Sos) dalam bidang Sosiologi dari FISIP Universitas Indonesia dan gelar Master of Arts (M.A) dalam bidang Sociology of Education dari Uppsala University, Swedia.

Publikasi

Dwi Ardiansyah

Project Management Officer

Dwi Ardiansyah berperan sebagai Project Management Officer dari PSPK, juga...

 

Dwi Ardiansyah

Position: Project Management Officer
Categories: Policy Analyst, Project Management

Dwi Ardiansyah berperan sebagai Project Management Officer dari PSPK, juga tergabung dalam beberapa Inisiatif PSPK seperti Lingkar Daerah Belajar (LDB) dan Pengukuran Literasi Numerasi Mandiri PSPK (PEMANTIK). ia memiliki ketertarikan yang kuat akan advokasi dan dukungan untuk ekosistem pendidikan di daerah. Sebelum bergabung di PSPK, Dwi merupakan Koordinator Isu Pendidikan BEM Nusantara sekaligus presiden mahasiswa di salah satu PTN di Surabaya yang banyak bergerak dalam bidang advokasi mahasiswa. project dan pengkajian isu pendidikan. di tahun 2020 Dwi mendapatkan penghargaan sebagai mahasiswa berprestasi tingkat fakultas dan menamatkan pendidikan sarjana Manajemen Pendidikan di tahun 2023.

Publikasi

Vinda Permata Andini

Human Resources & General Affairs

 

Vinda Permata Andini

Position: Human Resources & General Affairs
Categories: Operational

Fanny Shafiyah Qolbi

Director Assistant

Fanny adalah seorang asisten Direktur Eksekutif dan terlibat dalam Project...

 

Fanny Shafiyah Qolbi

Position: Director Assistant
Categories: Project Management

Fanny adalah seorang asisten Direktur Eksekutif dan terlibat dalam Project Management Office (PMO) dari PSPK. Peran utama sebagai asisten Direktur Eksekutif adalah mendukung dan membantu agenda Direktur secara efektif. Sebagai PMO, Fanny bertanggungjawab atas pelaksanaan proyek yang dikerjakan oleh PSPK dan melakukan fungsi manajemen proyek mulai dari perencanaan termasuk budgeting, pengawasan, dan evaluasi. Sebelum bergabung di PSPK, Fanny aktif dalam berorganisasi sebagai Project Officer di Indonesia Scholarship Center. Ia juga bagian dari BeasiswaKorea.com sebagai penulis artikel paruh waktu. Fanny memperoleh gelar Sarjana Sosial dengan jurusan Hubungan Internasional dari President University.

Khoirunnisa

Policy Analyst

Khoirunnisa is a junior qualitative researcher with special interest in...

 

Khoirunnisa

Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst

Khoirunnisa is a junior qualitative researcher with special interest in studies on education policy, children and youth empowerment, and community empowerment. In PSPK, Khoirunnisa is actively involved in various projects that cover issues learning, teachers, and access. As a junior qualitative researcher, she is entrusted by the senior researchers to assist develop research designs, conduct data analyses, create policy recommendations, and be involved in client engagement. Education: Universitas Indonesia – S.Sos., sociology

Publikasi

Kilas Kebijakan – Mengoptimalkan Peran Lembaga Akreditasi Mandiri dalam Ekosistem Pendidikan Tinggi

Yulia Umairoh

Videographer & Editor

Yulia adalah seorang Video Editor dari PSPK. Sebagai Video Editor,...

 

Yulia Umairoh

Position: Videographer & Editor
Categories: Communication & Partnership

Yulia adalah seorang Video Editor dari PSPK. Sebagai Video Editor, ia memiliki fokus pada bidang kreatif untuk menjabarkan isu-isu pendidikan dalam bentuk audio visual. Sebelum bergabung di PSPK, Yulia merupakan seorang Penulis Naskah di salah satu perusahaan Edutech di Jakarta. Selama pengalamannya menjadi Penulis Naskah, Yulia fokus pada konten-konten Pendidikan Karakter. Ia memperoleh gelar sarjana seni dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Indriyati Herutami

Policy Analyst

Indriyati Herutami (Didi) adalah konsultan di PSPK dengan fokus pada...

 

Indriyati Herutami

Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst

Indriyati Herutami (Didi) adalah konsultan di PSPK dengan fokus pada bidang kurikulum dan pembelajaran. Beliau terlibat dalam project reformasi kurikulum pada jenjang dasar dan menengah. Indriyati Herutami adalah praktisi pendidikan dengan pengalaman yang luas, selama 20 tahun beliau mendalami bidang pendidikan sebagai guru, pimpinan sekolah dan pelatih guru di berbagai area di Indonesia. Selain terlibat dalam perancangan kurikulum, beliau juga memiliki pengalaman dalam bidang pengembangan guru dan sekolah inklusi. Beliau memperoleh gelar sarjana sosial dari Univiersitas Parahyangan dan memiliki Sertifikat Guru Ahli dalam Pembelajaran ( Advanced Certificate in Teaching and Learning) dari Yayasan Pendidikan Luhur (Foundation for Excellence in Education).

Publikasi

Memanusiakan Hubungan – Mengatasi Perilaku Melanggar Menggunakan Restitusi

Vikka Rosiani Putri

Finance & Accounting Officer

 

Vikka Rosiani Putri

Position: Finance & Accounting Officer
Categories: Operational

Wisnu Ari Susilo

Knowledge & Creative Specialist

Wisnu adalah seorang Creative Specialist dari PSPK. Sebagai seoarang Creative...

 

Wisnu Ari Susilo

Position: Knowledge & Creative Specialist
Categories: Communication & Partnership

Wisnu adalah seorang Creative Specialist dari PSPK. Sebagai seoarang Creative Specialist, ia berfokus pada proses pembuatan media publikasi kreatif yang dibutuhkan PSPK, dimulai dari perencanaan sampai pengembangan terakhir. Sebelum bergabung di PSPK, Wisnu merupakan seorang Lead Graphic Designer di sebuah perusahaan startup pendidikan dengan masa jabatan selama 4 tahun. Dengan pengalamannya, ia dapat membantu membuat publikasi PSPK menjadi lebih menarik untuk dilihat oleh orang-orang baik yang sudah mengenal PSPK atau belum.

I Nyoman Indhi Wiradika

Policy Analyst

Indhi adalah seorang peneliti di PSPK dengan fokus keahlian pada...

 

I Nyoman Indhi Wiradika

Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst

Indhi adalah seorang peneliti di PSPK dengan fokus keahlian pada bidang asesmen dan evaluasi pendidikan serta pendidikan kejuruan. Sebelum bergabung dengan PSPK, Indhi pernah terlibat dalam penelitian kebijakan di B2P3KS Kementerian Sosial RI dan sebagai peneliti di startup dibidang pendidikan. Saat ini, Ia sebagai dosen pada Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha. Ia memperoleh gelar sarjana kependidikan di Universitas Mataram, dan magister pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.

Publikasi

Fajri Siregar

Policy Analyst

Fajri Siregar adalah Policy Analyst dengan kepakaran dalam bidang pendidikan...

 

Fajri Siregar

Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst

Fajri Siregar adalah Policy Analyst dengan kepakaran dalam bidang pendidikan tinggi, kebijakan sains dan riset serta produksi pengetahuan. Sebelum bergabung di PSPK, Fajri berperan sebagai Direktur Eksekutif Centre for Innnovation Policy and Governance (2016-2018). Saat ini ia juga merupakan dosen tetap di Departemen Sosiologi, FISIP, Universitas Indonesia serta kandidat Doktor dalam bidang Antropologi Sosial di University of Amsterdam, Belanda.

Publikasi

Muhamad Nur Chozin

Policy Analyst

Chozin adalah peneliti sekaligus tim Data dan Asesmen PSPK. Sebagai...

 

Muhamad Nur Chozin

Position: Policy Analyst
Categories: Data & Assesment, Policy Analyst

Chozin adalah peneliti sekaligus tim Data dan Asesmen PSPK. Sebagai seorang peneliti, ia memiliki fokus pada isu pendidikan khususnya pada topik akses pendidikan, guru, dan kurikulum. Sebagai anggota tim Data dan Asesmen, ia berfokus pada aktivitas pengolahan data, penyediaan data, dan penegakan kode etik penelitian PSPK. Ia juga memiliki keahlian dalam bidang analisis data kuantitatif dan kualitatif khususnya dalam pemanfaatan NVivo dalam riset kualitatif. Sebelum bergabung di PSPK, ia adalah Chief Operating Officer di salah satu Start Up Pendidikan bernama Weshare Academy. Bersama timnya, ia secara aktif menyediakan akses pelatihan pada topik pengembangan skills digital. Ia memperoleh gelar sarjananya di bidang Manajemen Pendidikan UNY, dan gelar masternya di bidang Kebijakan Publik UGM.

Publikasi

Rizky Khairunnisa Al Hadi

Policy Analyst

Annisa adalah seorang peneliti bidang pendidikan dan kebijakan di PSPK....

 

Rizky Khairunnisa Al Hadi

Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst

Annisa adalah seorang peneliti bidang pendidikan dan kebijakan di PSPK. Annisa memiliki spesialisasi pada peran Monitoring & Evaluasi dengan pengalaman profesional lebih dari 4 tahun dalam sektor pendidikan, edu-tech, dan kebijakan yang mencakup berbagai isu seperti pembelajaran dasar dan menengah, pelatihan guru, inklusi sosial, kebijakan publik, pembelajaran digital, kesiapan kerja, dan literasi digital. Annisa memiliki pengalaman dalam mengembangkan instrumen monitoring & evaluasi, melakukan penelitian kuantitatif dan kualitatif, menetapkan Teori Perubahan dan Logical Framework, memantau dan mengevaluasi program, riset, dan menganalisis kebijakan. Annisa memiliki gelar sarjana di bidang Psikologi dan menyelesaikan kursus Evaluasi Dampak agar secara efektif dapat menangkap dampak program dengan cara yang paling sesuai dengan perilaku dan proses pembelajaran masyarakat.

Publikasi

Hanna Raisya

Policy Analyst

Hanna adalah seorang peneliti dari PSPK yang memiliki latar pendidikan...

 

Hanna Raisya

Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst

Hanna adalah seorang peneliti dari PSPK yang memiliki latar pendidikan di Psikologi dan Desain Kurikulum. Sebagai peneliti, Ia memiliki fokus pada topik pendidikan dan perkembangan manusia (human development), khususnya dalam pengembangan proses pembelajaran, pedagogi dan asesmen. Sebelum bergabung di PSPK, Hanna pernah bekerja sebagai guru di Sekolah Cikal. Ia memperoleh gelar sarjana psikologi di universitas indonesia dan master of arts dalam kurikulum desain dan pengajaran di Teachers College, Columbia University.

Publikasi

Allamuddin AF

Policy Analyst

Allam adalah seorang peneliti dan legal specialist di PSPK. Ia...

 

Allamuddin AF

Position: Policy Analyst
Categories: Legal, Policy Analyst

Allam adalah seorang peneliti dan legal specialist di PSPK. Ia memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun dalam isu-isu hukum dan advokasi kebijakan mencakup penyusunan, implementasi, dan evaluasi khususnya pada topik pendidikan tinggi dan pendidikan vokasi. Sebelum bergabung di PSPK, Allam merupakan tim substansi Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan tim legal di Universitas Gadjah Mada. Allam memperoleh gelar sarjana hukum dari UGM dan saat ini masih menempuh studi magister hukum di kampus yang sama.

Publikasi

Diyon Iskandar Setiawan

Project Management Officer

Diyon adalah konsultan Project Management Office (PMO) dari PSPK. Sebagai...

 

Diyon Iskandar Setiawan

Position: Project Management Officer
Categories: Project Management

Diyon adalah konsultan Project Management Office (PMO) dari PSPK. Sebagai konsultan, ia mendampingi tim PMO dalam fokus pada mekanisme umpan balik anggota sesuai nilai dan prinsip kerja organisasi. Sebelumnya ia pernah menjadi Head of PMO, Interim Head of Comm, dan Peneliti di PSPK. Projek yang ia lakukan adalah Lingkar Daerah Belajar, Kampus Merdeka, Kurikulum Merdeka, Vokasi, Asesmen Pembukaan Sekolah di Masa Pandemi, dan kebijakan pendidikan lainnya. Sebelumnya ia pernah menjadi tenaga ahli Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan Karakter, Kemdikbud.

Selain lebih dari 9 tahun pengalamannya di kebijakan dan pendidikan, saat ini ia bekerja sebagai Senior Policy Analyst di Govtech Procurement, Telkom Indonesia dimana ia sedang mengadvokasi kebijakan transformasi digital pada sistem pengadaan barang jasa pemerintah yang lebih transparan, akuntabel, dan tercatat. Ia juga aktif memberikan sesi coaching di Coachnesia, wadah komunitas organisasi coach. Ia memperoleh gelar sarjana Sastra Prancis di Universitas Gadjah Mada dan Master Kebijakan Publik di School of Government and Public Policy (SGPP).

Publikasi

Dinda Alshauma Dwi Harman

Policy Analyst

Dinda adalah seorang analis kebijakan di PSPK. Saat ini, Dinda...

 

Dinda Alshauma Dwi Harman

Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst

Dinda adalah seorang analis kebijakan di PSPK. Saat ini, Dinda sedang mengeksplorasi ranah yang memperkuat ekosistem kemitraan pendidikan dalam menciptakan kebijakan yang mengutamakan kepentingan anak. Selain itu, Dinda juga terlibat dalam monitoring dan evaluasi kebijakan. Sebelum bergabung di PSPK, Dinda aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan pernah bekerja pada CSO riset-advokasi lainnya, di mana pada keduanya ia bekerja bersama banyak komunitas akar rumput dalam pemenuhan hak-hak dasar masyarakat termarjinalkan. Dengan latar belakang pendidikan perencanaan wilayah dan kota, Dinda mencita-citakan lingkungan/milieu/ekosistem di seluruh Indonesia yang berpihak pada kebutuhan anak.

Eri Yusron

Policy Analyst

Eri Yusron adalah peneliti dan analis kebijakan dari PSPK. Sebagai...

 

Eri Yusron

Position: Policy Analyst
Categories: PEMANTIK, Policy Analyst

Eri Yusron adalah peneliti dan analis kebijakan dari PSPK. Sebagai peneliti, ai melakukan berbagai penelitian yang berkaitan dengan kualitas pembelajaran dan asesmen, evaluasi program pendidikan dan pendidikan vokasional. Sebelum menjadi peneliti PSPK, ai pernah menjadi dosen di Universitas Pendidikan Indonesia dan sebagai peneliti ai juga pernah mendapatkan berbagai hibah penelitian dari Kemendikbudristek. Eri Yusron memperoleh magister pendidikan dibidang penelitian dan evaluasi pendidikan dari Universitas Negeri Yogayakarta. Sekarang sedang melanjutkan pendidikan di jenjang doktor pada bidang penelitian dan evaluasi pendidikan di Universitas Negeri Yogayakarta

Publikasi

Hatim Gazali

Policy Analyst

Hatim adalah peneliti Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan yang berfokus...

 

Hatim Gazali

Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst
Location: Jakarta

Hatim adalah peneliti Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan yang berfokus pada area pendidikan Islam, termasuk namun tidak terbatas pada isu kurikulum, pembelajaran dan asesmen. Aktivisme Hatim untuk pendidikan Islam dibuktikan dengan keterlibatannya di sejumlah organisasi seperti Komisi Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia, Asosiasi Dosen Agama Islam Indonesia (DPP ADPISI), Rabithah Ma:ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU), serta Majelis Masyayikh. Hatim juga tercatat sebagai dosen Universitas Sampoerna. Ia menyelesaikan studinya di UIN Sunan Kalijaga dan Center for Religious and Cross cultural Studies UGM.

Publikasi

  • Buku, Islam Untuk Gen Z, mengajarkan Islam Mendidik Muslim, Panduan bagi Guru PAI, Wahid Foundation 2019
  • Salafi-Jihadist Movements and Ideology in Educational Institutions: Exploring the Nexus with Religious Moderation, Edukasia Islamika, June 2023
  • Perception of Catholic Lesson Among the Eleventh Grade Muslim Students at SMA Santa Theresia Jakarta. Al-Albab, Vol 5. No 1. June. 2016.
  • Toleransi Remaja Islam kepada Pemeluk Yang berbeda: Studi Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) SMA di Bekasi, Jawa Barat. At.Tarbawi. Vol. 1 No 1, 2016

Trifalah Nurhuda

Admin IT PEMANTIK

Nama Saya Trifalah Nurhuda, dan Saya merupakan seorang Admin IT...

 

Trifalah Nurhuda

Position: Admin IT PEMANTIK
Categories: PEMANTIK

Nama Saya Trifalah Nurhuda, dan Saya merupakan seorang Admin IT Pemantik. Tugas dan tanggung jawab sebagai Admin IT Pemantik adalah memastikan pelaksanaan asesmen dengan menggunakan Platform Pemantik dapat berjalan lancar dengan melakukan Maintenance Control Rutin. Selain itu, sebagai Admin IT Pemantik mengakomodir segala kebutuhan mitra dari mulai pembuatan akun siswa sampai akun komunitas. Sebelum bergabung di PSPK, saya bekerja sebagai Frelance untuk beberapa project dan pekerjaan serta telah diselesaikan yang berhubungan dengan pemograman seperti, Project Front End Developer, Project Apps Donasi, Project Game Developer, Project WordPress Developer. Aktivitas pekerjaan sebagai Frelance tersebut sudah ditekuni sejak tahun 2017. Selain dari pengalaman sebagai Frelance, saat ini saya tercatat Aktif Sebagai Dosen ASN di Universtas Pendidikan Ganesha dengan mengampu Mata Kuliah Statistik, Metode Penelitian, Landasan Pedagogik, dan Tri Hita Karana. Riwayat Pendidikan yang telah di tempuh untuk jenjang Sarjana jenjang Magister lulus dari Universitas Pendidikan Indonesia. Lebih lanjut, Pendidikan untuk program Doktoral masih berjalan sampai saat ini di Universitas Pendidikan Indonesia.

Publikasi

Mutiara Lubis

Project Management Officer

Mutiara adalah seorang project management officer di PSPK. Saat ini...

 

Mutiara Lubis

Position: Project Management Officer
Categories: Project Management

Mutiara adalah seorang project management officer di PSPK. Saat ini ia fokus pada proses management project yang ada di PSPK dan juga terlibat di project yang fokus pada isu-isu pendidikan jenjang TK dan SD di daerah-daerah. Memperoleh gelar sarjana Ilmu Politik dari Universitas Andalas.