Our Team
Experts
Itje Chodidjah
Position: Head of expert
Categories: Expert
Chodidjah meraih gelar Doktoral dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung Indonesia) di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Beliau memulai karirnya sebagai guru. Sepanjang karirnya di bidang pendidikan, beliau mengembangkan berbagai keahlian, antara lain dalam pengembangan profesional, pengembangan kurikulum, dan kepemimpinan pendidikan. Saat ini beliau menjadi Ketua Dewan Pakar Di PSPK.
Abdul Malik
Position: Expert
Categories: Expert
Abdul Malik meraih gelar Doktoral dari Michigan State University di bidang Ekonomi. Beliau memulai karirnya sebagai Staf Perencanaan Infrastruktur Sipil Utama Pembangkit Listrik Tenaga Air di Proyek Induk Pembangkit Hidro Jawa Barat. Saat ini Beliau menjadi konsultan di beberapa Kementerian termasuk Kementrian keuangan dan Kementerian Pendidikan dan menjadi Dewan Pakar di PSPK.
Bambang Sumintono
Position: Expert
Categories: Expert
Bambang Sumintono meraih gelar Doktoral dari Victoria University of Wellington di bidang Kebijakan Pendidikan.Beliau Memulai karirnya menjadi guru kimia di Sekolah Menengah di Lombok selama 7 tahun. Saat ini beliau menjadi Dosen di Universitas Islam International Indonesia. Saat ini beliau juga menjadi Dewan Pakar di PSPK.
Bukik Setiawan
Position: Expert
Categories: Expert
Bukik Setiawan meraih gelar Magister dari Universitas Airlangga di bidang Psikologi. Beliau memulai karirnya menjadi Dosen Tetap di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Saat ini beliau menjadi Ketua Yayasan Guru Belajar, pendiri Komunitas Guru Belajar Nusantara, Jaringan Sekolah Madrasah Belajar dan Komunitas Pengawas Belajar Nusantara, inisiator Lingkar Daerah Belajar, dan juga Dewan Pakar PSPK
Elih Sudiapermana
Position: Expert
Categories: Expert
Elih Sudiapermana meraih gelar Doktoral dari Universitas Negeri Jakarta di bidang Penelitian dan evaluasi pendidikan. Beliau memulai karirnya menjadi Dosen di Universitas Pendidikan Indonesia sampai saat ini. Beliau fokus pada pendidikan, penelitan dan pengabdian Masyarakat serta menjadi Dewan Pakar di PSPK.
Elin Driana
Position: Expert
Categories: Expert
Elin Driana meraih gelar Doktoral dari Ohio University di bidang Penelitian dan evaluasi pendidikan. Beliau memulai karirnya menjadi Dosen di Universitas Bina Nusantara di bidang statistik dan probabilitas. Saat ini beliau menjadi Dosen tetap di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka. Beliau juga menjadi Dewan Pakar di PSPK.
Santoso
Position: Expert
Categories: Expert
Santoso meraih gelar Magister dari Universitas Indonesia di bidang Ekonomi. Beliau memulai karirnya sebagai peneliti di Pusat Kajian Sumber Daya Pesisir dan Laut, IPB. Saat ini beliau sebagai Direktur Eksekutif di Artikel 33 Indonesia. Beliau juga menjadi Dewan Pakar di PSPK.
Satryo Soemantri Bojonegoro
Position: Expert
Categories: Expert
Satryo meraih gelar Doktoral di bidang teknik mesin dari University of California, Berkeley, USA. Beliau memulai karirnya menjadi Ketua Jurusan Teknik Mesin ITB. Saat ini beliau aktif sebagai dosen tamu di bidang teknik mesin di Toyohashi University of Technology, Jepang dan ITB. Beliau juga menjadi Dewan Pakar di PSPK.
Team
Nisa Felicia
Position: Executive Director
Categories: Lingkar Studi Kebijakan Pendidikan, Management, Policy Analyst
Nisa Felicia adalah Direktur Eksekutif yang memiliki minat penelitian tentang kebijakan pendidikan dari perspektif kesenjangan kesempatan pendidikan. Pada tahun 2019 Nisa memimpin tim PSPK dalam memberikan dukungan strategis dan teknis untuk Kemendikbudristek untuk perancangan dan implementasi Kurikulum Merdeka. Ia memulai kariernya di dunia pendidikan sebagai guru SD pada tahun 2003 dan kemudian menjadi fasilitator untuk program peningkatan kompetensi guru sebelum menjadi dosen dan dekan Fakultas Pendidikan Universitas Sampoerna. Nisa menempuh studi S2 jurusan kurikulum dan pedagogi di Universiti Kebangsaan Malaysia dan S3 di bidang kebijakan pendidikan di University at Albany, State University of New York. Ia bercita-cita untuk dapat mempublikasikan karya tulis yang dapat menggerakkan seluruh anggota masyarakat untuk mengambil peran dalam peningkatan kualitas pendidikan anak Indonesia.
Publikasi
- Kilas Pendidikan: Polemik PPDB, Kekurangan Daya Tampung, dan Opsi Kebijakannya (PSPK 2023)
- Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran (Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 2022)
- Indonesia: Using Open School Data to Improve Transparency and Accountability (UNESCO 2018)
Stien J. Matakupan
Position: Special Project and Project Advisor
Categories: Lingkar Daerah Belajar, Management, PEMANTIK, Policy Analyst
Mandira Bienna Elmir
Position: Head of Legal
Categories: Legal, Policy Analyst
(sedang cuti dari September hingga Desember 2024)
Mandira adalah seorang peneliti dan Head of Legal dari PSPK. Sebagai peneliti, ia memiliki fokus pada isu-isu hukum dan kebijakan pendidikan, khususnya terkait akses pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan tinggi. Sebelum bergabung di PSPK, Mandira merupakan tim Staf Ahli Menteri bidang Regulasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Disamping pengalamannya dalam kebijakan publik dan pendidikan selama lebih dari 10 tahun, saat ini ia juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Forum Indonesia Muda dan dosen Hukum Tata Negara pada IBLAM School of Law. Ia memperoleh gelar sarjana hukum dan magister hukumnya dari Universitas Gadjah Mada.
Publikasi
- The urgency of Deregulation to Manifest a Single National Education System as mandated in Constitution
- Penelaahan Kebijakan dan Implementasi Wajib Belajar Dalam Kerangka Hak Asasi Manusia dan Peraturan Perundang-Undangan di Provinsi DKI Jakarta
- Reunification Efforts for Children Victims of the East Timor Conflict in Indonesia Based on the Convention on the Rights of the Child Reunification Efforts for Children Victims of the East Timor Conflict in Indonesia Based on the Convention on the Rights of the Child
- Polemik PPDB, Kekurangan Daya Tampung, dan Opsi Kebijakannya
- Mengoptimalkan Peran Lembaga Akreditasi Mandiri dalam Ekosistem Pendidikan Tinggi
- Peningkatan Partisipasi: Peluang Pengembangan PPDB Bersama di DKI Jakarta
Ditha Cahya Kristiena
Position: Head of Data and Assesment
Categories: Data & Assesment, PEMANTIK, Policy Analyst
Ditha merupakan seorang peneliti kebijakan pendidikan dasar dan menengah yang saat ini fokus pada isu akses pendidikan berkualitas, pembelajaran, kurikulum, asesmen, dan mendampingi dalam implementasi pengumpulan data umpan balik dan evaluasi beberapa kebijakan pendidikan yang menjadi fokus isunya. Sebelumnya, ia banyak mengerjakan kebijakan pendidikan terkait pendidikan anak usia dini dan guru. Saat ini ia juga merupakan Head of Data and Assessment di PSPK, di mana unitnya bertanggung jawab dalam mendorong advokasi kebijakan pendidikan yang berbasis bukti dan data (data-driven policy) serta memastikan penelitian-penelitian di PSPK sesuai dengan Etika Penelitian PSPK. Sebelum bergabung di PSPK, ia pernah bekerja sebagai guru SD di daerah rural, konselor di sebuah universitas, serta bekerja di bidang human resources, dan mengenyam pendidikan sarjananya di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.
Publikasi
- Kilas Pendidikan Edisi 15: Menghadapi Disparitas Akses Pendidikan Anak Usia Dini yang Bermutu
- Kilas Pendidikan Edisi 19: Persiapan Menghadapi Tantangan Abad 21 Sedini mungkin melalui PAUD yang Berkualitas
Angela Merici
Position: Lead PEMANTIK
Categories: PEMANTIK, Policy Analyst
Angela adalah seorang peneliti kebijakan pendidikan di PSPK dan berperan juga sebagai Projek Lead Platform Asesmen Literasi dan Numerasi Pemantik. Terkait kebijakan pendidikan, Angela terlibat dan berfokus pada kebijakan terkait guru, baik dalam konteks guru pendidikan umum maupun vokasi. Angela juga berfokus pada kebijakan dan penelitian pendidikan dasar dan menengah, khususnya terkait pengembangan kompetensi literasi dan numerasi anak. Angela menyelesaikan pendidikan sarjananya pada bidang Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Malang, sebelum menempuh pendidikan master di Teachers College Columbia University, New York pada program Kebijakan Pendidikan.
Publikasi
- Kilas Pendidikan: Deteksi Bias Gender pada Soal Literasi dan Numerasi: Konteks Soal Seperti Apa untuk Level Awal?
- The Use of Socioeconomic Status (SES) in PEMANTIK Instrument: How Parental Education and Occupation Explain the Relationship with Children Literacy and Numeracy Achievement?, Presented in 6th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE) 2023, UNY
Qonita Beldatis Syafiqo
Position: Tenaga Ahli
Categories: Lingkar Daerah Belajar, Policy Analyst
Belda adalah seorang policy analyst dan Lead of Lingkar Daerah Belajar (LDB) dari PSPK. Sebagai policy analyst, ia memiliki fokus pada kebijakan pendidikan khususnya terkait akses pendidikan dasar dan menengah serta kapasitas ekosistem pendidikan di daerah. Sebelum bergabung di PSPK, Belda merupakan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan DKI Jakarta. Sudah lebih dari 6 tahun menjalani peran pada sektor pendidikan, dengan latar belakang sarjana matematika dari Universitas Padjadjaran membuat Belda kerap menerapkan perspektif matematika pada analisis kebijakan di bidang pendidikan.
Publikasi
Kilas Kebijakan Pendidikan: Polemik PPDB, Kekurangan Daya Tampung, dan Opsi Kebijakannya
Pandu Ario Bismo
Position: Vice Director
Categories: Policy Analyst, Project Management
Pandu adalah Vice Director dari PSPK. Ia juga merupakan peneliti dengan fokus pada hukum dan kebijakan publik. Penelitian dan advokasi kebijakan yang ia lakukan selama ini mencakup berbagai isu, diantaranya standar nasional pendidikan, guru, kurikulum, dan akses pendidikan. Sebelum bergabung dengan PSPK, Pandu memiliki pengalaman bekerja lebih dari 10 tahun di bidang pembangunan, kerja sama internasional, dan kebijakan publik bersama berbagai mitra pembangunan di Indonesia. Ia memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Gadjah Mada.
Muhammad Ciro Danuza
Position: Policy Analyst
Categories: Data & Assesment, Policy Analyst
Ciro adalah seorang peneliti dan Data Analyst dari PSPK. Sebagai peneliti, ia memiliki fokus pada data dan kebijakan pendidikan, khususnya terkait data asesmen, anggaran dan pembiayaan pada pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah. Selain pada isu pendidikan, ia memiliki pengalaman terkait analisis data, penelitian, dan advokasi kebijakan di berbagai isu. Hal ini dikarenakan, selain di PSPK, Ciro merupakan peneliti pada lembaga riset kebijakan Article 33 Indonesia, yang fokus pada isu ekonomi, sosial, dan pembangunan inklusif. Ia memperoleh gelar sarjana ekonomi dari Universitas Diponegoro.
Publikasi
Estimating the Return on Education: Evidence from Indonesian Survey Data
Stephen Pratama
Position: Lead Lingkar Studi Kebijakan Pendidikan
Categories: Lingkar Studi Kebijakan Pendidikan, Policy Analyst, Project Management
Stephen adalah lead dari Lingkar Studi Kebijakan dan Pendidikan di PSPK. Minat kajiannya meliputi ketidaksetaraan sosial dalam pendidikan dan kesejahteraan guru. Ia berpengalaman dalam mengelola proyek-proyek pembangunan pendidikan mulai dari perencanaan dan penganggaran hingga implementasi. Ia memperoleh gelar Sarjana Sosial (S.Sos) dalam bidang Sosiologi dari FISIP Universitas Indonesia dan gelar Master of Arts (M.A) dalam bidang Sociology of Education dari Uppsala University, Swedia.
Publikasi
- KILAS Pendidikan: Akses yang Berkeadilan ke Sekolah yang Berkualitas dan Terjangkau
- Teachers’ narratives about the possibility to teach controversial history of the 1965 affair in Indonesia. Indonesia, 116: 117-135 [Cornell University Press]
- Teachers’ narratives about the possibility to teach controversial history of the 1965 affair in Indonesia. British Journal of Sociology of Education, 43(6): 898-915 [Routledge: Taylor Francis]
Dwi Ardiansyah
Position: Project Management Officer
Categories: Policy Analyst, Project Management
Dwi Ardiansyah berperan sebagai Project Management Officer dari PSPK, juga tergabung dalam beberapa Inisiatif PSPK seperti Lingkar Daerah Belajar (LDB) dan Pengukuran Literasi Numerasi Mandiri PSPK (PEMANTIK). ia memiliki ketertarikan yang kuat akan advokasi dan dukungan untuk ekosistem pendidikan di daerah. Sebelum bergabung di PSPK, Dwi merupakan Koordinator Isu Pendidikan BEM Nusantara sekaligus presiden mahasiswa di salah satu PTN di Surabaya yang banyak bergerak dalam bidang advokasi mahasiswa. project dan pengkajian isu pendidikan. di tahun 2020 Dwi mendapatkan penghargaan sebagai mahasiswa berprestasi tingkat fakultas dan menamatkan pendidikan sarjana Manajemen Pendidikan di tahun 2023.
Publikasi
Fanny Shafiyah Qolbi
Position: Director Assistant
Categories: Project Management
Fanny adalah seorang asisten Direktur Eksekutif dan terlibat dalam Project Management Office (PMO) dari PSPK. Peran utama sebagai asisten Direktur Eksekutif adalah mendukung dan membantu agenda Direktur secara efektif. Sebagai PMO, Fanny bertanggungjawab atas pelaksanaan proyek yang dikerjakan oleh PSPK dan melakukan fungsi manajemen proyek mulai dari perencanaan termasuk budgeting, pengawasan, dan evaluasi. Sebelum bergabung di PSPK, Fanny aktif dalam berorganisasi sebagai Project Officer di Indonesia Scholarship Center. Ia juga bagian dari BeasiswaKorea.com sebagai penulis artikel paruh waktu. Fanny memperoleh gelar Sarjana Sosial dengan jurusan Hubungan Internasional dari President University.
Khoirunnisa
Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst
Khoirunnisa is a junior qualitative researcher with special interest in studies on education policy, children and youth empowerment, and community empowerment. In PSPK, Khoirunnisa is actively involved in various projects that cover issues learning, teachers, and access. As a junior qualitative researcher, she is entrusted by the senior researchers to assist develop research designs, conduct data analyses, create policy recommendations, and be involved in client engagement. Education: Universitas Indonesia – S.Sos., sociology
Publikasi
Kilas Kebijakan – Mengoptimalkan Peran Lembaga Akreditasi Mandiri dalam Ekosistem Pendidikan Tinggi
Yulia Umairoh
Position: Videographer & Editor
Categories: Communication & Partnership
Yulia adalah seorang Video Editor dari PSPK. Sebagai Video Editor, ia memiliki fokus pada bidang kreatif untuk menjabarkan isu-isu pendidikan dalam bentuk audio visual. Sebelum bergabung di PSPK, Yulia merupakan seorang Penulis Naskah di salah satu perusahaan Edutech di Jakarta. Selama pengalamannya menjadi Penulis Naskah, Yulia fokus pada konten-konten Pendidikan Karakter. Ia memperoleh gelar sarjana seni dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Indriyati Herutami
Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst
Indriyati Herutami (Didi) adalah konsultan di PSPK dengan fokus pada bidang kurikulum dan pembelajaran. Beliau terlibat dalam project reformasi kurikulum pada jenjang dasar dan menengah. Indriyati Herutami adalah praktisi pendidikan dengan pengalaman yang luas, selama 20 tahun beliau mendalami bidang pendidikan sebagai guru, pimpinan sekolah dan pelatih guru di berbagai area di Indonesia. Selain terlibat dalam perancangan kurikulum, beliau juga memiliki pengalaman dalam bidang pengembangan guru dan sekolah inklusi. Beliau memperoleh gelar sarjana sosial dari Univiersitas Parahyangan dan memiliki Sertifikat Guru Ahli dalam Pembelajaran ( Advanced Certificate in Teaching and Learning) dari Yayasan Pendidikan Luhur (Foundation for Excellence in Education).
Publikasi
Memanusiakan Hubungan – Mengatasi Perilaku Melanggar Menggunakan Restitusi
Wisnu Ari Susilo
Position: Knowledge & Creative Specialist
Categories: Communication & Partnership
Wisnu adalah seorang Creative Specialist dari PSPK. Sebagai seoarang Creative Specialist, ia berfokus pada proses pembuatan media publikasi kreatif yang dibutuhkan PSPK, dimulai dari perencanaan sampai pengembangan terakhir. Sebelum bergabung di PSPK, Wisnu merupakan seorang Lead Graphic Designer di sebuah perusahaan startup pendidikan dengan masa jabatan selama 4 tahun. Dengan pengalamannya, ia dapat membantu membuat publikasi PSPK menjadi lebih menarik untuk dilihat oleh orang-orang baik yang sudah mengenal PSPK atau belum.
I Nyoman Indhi Wiradika
Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst
Indhi adalah seorang peneliti di PSPK dengan fokus keahlian pada bidang asesmen dan evaluasi pendidikan serta pendidikan kejuruan. Sebelum bergabung dengan PSPK, Indhi pernah terlibat dalam penelitian kebijakan di B2P3KS Kementerian Sosial RI dan sebagai peneliti di startup dibidang pendidikan. Saat ini, Ia sebagai dosen pada Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha. Ia memperoleh gelar sarjana kependidikan di Universitas Mataram, dan magister pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.
Publikasi
- The Implementation of Environmental Care Character Education Based on Tri Hita Karana and Ecotourism at Elementary Schools in Nusa Penida, Bali
- ITEM CHARACTERISTICS ANALYSIS USING THE RASCH MODEL IN THE DEVELOPMENT OF READING LITERACY INSTRUMENTS FOR ELEMENTARY SCHOOLS STUDENTS
- Perbandingan Skala 7 dan 11 pada Instrumen Online Learning Environment Survey
- CONTEXTUAL LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL: A META ANALYSIS
- PENGEMBANGAN KARAKTER KEBEKERJAAN DENGAN KERANGKA PROFIL PANCASILA DAN BUDAYA KERJA
Fajri Siregar
Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst
Fajri Siregar adalah Policy Analyst dengan kepakaran dalam bidang pendidikan tinggi, kebijakan sains dan riset serta produksi pengetahuan. Sebelum bergabung di PSPK, Fajri berperan sebagai Direktur Eksekutif Centre for Innnovation Policy and Governance (2016-2018). Saat ini ia juga merupakan dosen tetap di Departemen Sosiologi, FISIP, Universitas Indonesia serta kandidat Doktor dalam bidang Antropologi Sosial di University of Amsterdam, Belanda.
Publikasi
Muhamad Nur Chozin
Position: Policy Analyst
Categories: Data & Assesment, Policy Analyst
Chozin adalah peneliti sekaligus tim Data dan Asesmen PSPK. Sebagai seorang peneliti, ia memiliki fokus pada isu pendidikan khususnya pada topik akses pendidikan, guru, dan kurikulum. Sebagai anggota tim Data dan Asesmen, ia berfokus pada aktivitas pengolahan data, penyediaan data, dan penegakan kode etik penelitian PSPK. Ia juga memiliki keahlian dalam bidang analisis data kuantitatif dan kualitatif khususnya dalam pemanfaatan NVivo dalam riset kualitatif. Sebelum bergabung di PSPK, ia adalah Chief Operating Officer di salah satu Start Up Pendidikan bernama Weshare Academy. Bersama timnya, ia secara aktif menyediakan akses pelatihan pada topik pengembangan skills digital. Ia memperoleh gelar sarjananya di bidang Manajemen Pendidikan UNY, dan gelar masternya di bidang Kebijakan Publik UGM.
Publikasi
- Kilas Pendidikan: Akses yang Berkeadilan ke Sekolah yang Berkualitas dan Terjangkau
- Kilas Kebijakan – Polemik PPDB, Kekurangan Daya Tampung, dan Opsi Kebijakannya
- Dampak Kebijakan Penutupan Sekolah pada Masa Pandemi: Studi Eksplanatoris Fenomena Learning Loss dan Ketimpangan Struktural dalam Dunia Pendidikan
- Pengembangan Media E-Konseling Sebagai Penunjang Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Dan Konseling
Rizky Khairunnisa Al Hadi
Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst
Annisa adalah seorang peneliti bidang pendidikan dan kebijakan di PSPK. Annisa memiliki spesialisasi pada peran Monitoring & Evaluasi dengan pengalaman profesional lebih dari 4 tahun dalam sektor pendidikan, edu-tech, dan kebijakan yang mencakup berbagai isu seperti pembelajaran dasar dan menengah, pelatihan guru, inklusi sosial, kebijakan publik, pembelajaran digital, kesiapan kerja, dan literasi digital. Annisa memiliki pengalaman dalam mengembangkan instrumen monitoring & evaluasi, melakukan penelitian kuantitatif dan kualitatif, menetapkan Teori Perubahan dan Logical Framework, memantau dan mengevaluasi program, riset, dan menganalisis kebijakan. Annisa memiliki gelar sarjana di bidang Psikologi dan menyelesaikan kursus Evaluasi Dampak agar secara efektif dapat menangkap dampak program dengan cara yang paling sesuai dengan perilaku dan proses pembelajaran masyarakat.
Publikasi
- Kilas Pendidikan: Rekomendasi Kebijakan untuk Pendidikan yang Berkualitas dan Berkeadilan
- Becoming a 21st Century Teacher: An Intervention Study on Teachers’ Competencies in Indonesia (Study Case on Ruangguru’s Teachers Fellowship in Papua and East Nusa Tenggara) presented on International Conference on Assessment and Learning 2022
Hanna Raisya
Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst
Hanna adalah seorang peneliti dari PSPK yang memiliki latar pendidikan di Psikologi dan Desain Kurikulum. Sebagai peneliti, Ia memiliki fokus pada topik pendidikan dan perkembangan manusia (human development), khususnya dalam pengembangan proses pembelajaran, pedagogi dan asesmen. Sebelum bergabung di PSPK, Hanna pernah bekerja sebagai guru di Sekolah Cikal. Ia memperoleh gelar sarjana psikologi di universitas indonesia dan master of arts dalam kurikulum desain dan pengajaran di Teachers College, Columbia University.
Publikasi
- Kilas Pendidikan: Rekomendasi Kebijakan untuk Pendidikan yang Berkualitas dan Berkeadilan
- Designing Assessments that Matter: For Meaningful and Deeper Learning
- Does Green Curriculum have an impact on Pro-Environmental Behavior? A comparative study with middle schools
Allamuddin AF
Position: Policy Analyst
Categories: Legal, Policy Analyst
Allam adalah seorang peneliti dan legal specialist di PSPK. Ia memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun dalam isu-isu hukum dan advokasi kebijakan mencakup penyusunan, implementasi, dan evaluasi khususnya pada topik pendidikan tinggi dan pendidikan vokasi. Sebelum bergabung di PSPK, Allam merupakan tim substansi Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan tim legal di Universitas Gadjah Mada. Allam memperoleh gelar sarjana hukum dari UGM dan saat ini masih menempuh studi magister hukum di kampus yang sama.
Publikasi
- Kilas Pendidikan: Mengoptimalkan Peran Lembaga Akreditasi Mandiri dalam Ekosistem Pendidikan Tinggi
- Opini Kumparan: Sinergi Vokasi dengan Dunia Kerja sebagai Katalisator Hilirisasi Industri
- Opini Kumparan: Menafakurkan Amanat Konstitusi tentang Pendidikan di Momen Kemerdekaan
- Opini Kumparan: Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang Berkeadilan
- Opini Kumparan: Mengawal Ikhtiar Transformasi dan Revitalisasi Pendidikan Vokasi
- Opini Kumparan: Kebijakan Merdeka Belajar sebagai Akselerator Pembangunan SDM Bangsa
- Opini Kumparan: IKU: Memutus Rantai Joki Karya Ilmiah, Memperbaiki Kualitas Akademik
Diyon Iskandar Setiawan
Position: Project Management Officer
Categories: Project Management
Diyon adalah konsultan Project Management Office (PMO) dari PSPK. Sebagai konsultan, ia mendampingi tim PMO dalam fokus pada mekanisme umpan balik anggota sesuai nilai dan prinsip kerja organisasi. Sebelumnya ia pernah menjadi Head of PMO, Interim Head of Comm, dan Peneliti di PSPK. Projek yang ia lakukan adalah Lingkar Daerah Belajar, Kampus Merdeka, Kurikulum Merdeka, Vokasi, Asesmen Pembukaan Sekolah di Masa Pandemi, dan kebijakan pendidikan lainnya. Sebelumnya ia pernah menjadi tenaga ahli Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan Karakter, Kemdikbud.
Selain lebih dari 9 tahun pengalamannya di kebijakan dan pendidikan, saat ini ia bekerja sebagai Senior Policy Analyst di Govtech Procurement, Telkom Indonesia dimana ia sedang mengadvokasi kebijakan transformasi digital pada sistem pengadaan barang jasa pemerintah yang lebih transparan, akuntabel, dan tercatat. Ia juga aktif memberikan sesi coaching di Coachnesia, wadah komunitas organisasi coach. Ia memperoleh gelar sarjana Sastra Prancis di Universitas Gadjah Mada dan Master Kebijakan Publik di School of Government and Public Policy (SGPP).
Publikasi
Dinda Alshauma Dwi Harman
Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst
Dinda adalah seorang analis kebijakan di PSPK. Saat ini, Dinda sedang mengeksplorasi ranah yang memperkuat ekosistem kemitraan pendidikan dalam menciptakan kebijakan yang mengutamakan kepentingan anak. Selain itu, Dinda juga terlibat dalam monitoring dan evaluasi kebijakan. Sebelum bergabung di PSPK, Dinda aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan pernah bekerja pada CSO riset-advokasi lainnya, di mana pada keduanya ia bekerja bersama banyak komunitas akar rumput dalam pemenuhan hak-hak dasar masyarakat termarjinalkan. Dengan latar belakang pendidikan perencanaan wilayah dan kota, Dinda mencita-citakan lingkungan/milieu/ekosistem di seluruh Indonesia yang berpihak pada kebutuhan anak.
Eri Yusron
Position: Policy Analyst
Categories: PEMANTIK, Policy Analyst
Eri Yusron adalah peneliti dan analis kebijakan dari PSPK. Sebagai peneliti, ai melakukan berbagai penelitian yang berkaitan dengan kualitas pembelajaran dan asesmen, evaluasi program pendidikan dan pendidikan vokasional. Sebelum menjadi peneliti PSPK, ai pernah menjadi dosen di Universitas Pendidikan Indonesia dan sebagai peneliti ai juga pernah mendapatkan berbagai hibah penelitian dari Kemendikbudristek. Eri Yusron memperoleh magister pendidikan dibidang penelitian dan evaluasi pendidikan dari Universitas Negeri Yogayakarta. Sekarang sedang melanjutkan pendidikan di jenjang doktor pada bidang penelitian dan evaluasi pendidikan di Universitas Negeri Yogayakarta
Publikasi
-
Exploring the final examination test item characteristics of Pancasila and civic education
-
Exploring the alternative assessment on Mathematical instruction in an era of uncertainty
-
Eksplorasi Pembelajaran Matematika Secara Daring dalam Dimensi Pedagogik
-
How is the impact of Assessment for Learning (AfL) on mathematics learning in elementary schools?
-
Bagaimana hasil penyetaraan paket tes USBN pada mata pelajaran matematika dengan teori respon butir?
- WHEN NATIONAL EXAMINATION NO LONGER DETERMINING GRADUATION, WILL STUDENTS ACCOMPLISH IT SERIOUSLY?
Hatim Gazali
Position: Policy Analyst
Categories: Policy Analyst
Location: Jakarta
Hatim adalah peneliti Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan yang berfokus pada area pendidikan Islam, termasuk namun tidak terbatas pada isu kurikulum, pembelajaran dan asesmen. Aktivisme Hatim untuk pendidikan Islam dibuktikan dengan keterlibatannya di sejumlah organisasi seperti Komisi Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia, Asosiasi Dosen Agama Islam Indonesia (DPP ADPISI), Rabithah Ma:ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU), serta Majelis Masyayikh. Hatim juga tercatat sebagai dosen Universitas Sampoerna. Ia menyelesaikan studinya di UIN Sunan Kalijaga dan Center for Religious and Cross cultural Studies UGM.
Publikasi
- Buku, Islam Untuk Gen Z, mengajarkan Islam Mendidik Muslim, Panduan bagi Guru PAI, Wahid Foundation 2019
- Salafi-Jihadist Movements and Ideology in Educational Institutions: Exploring the Nexus with Religious Moderation, Edukasia Islamika, June 2023
- Perception of Catholic Lesson Among the Eleventh Grade Muslim Students at SMA Santa Theresia Jakarta. Al-Albab, Vol 5. No 1. June. 2016.
- Toleransi Remaja Islam kepada Pemeluk Yang berbeda: Studi Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) SMA di Bekasi, Jawa Barat. At.Tarbawi. Vol. 1 No 1, 2016
Trifalah Nurhuda
Position: Admin IT PEMANTIK
Categories: PEMANTIK
Nama Saya Trifalah Nurhuda, dan Saya merupakan seorang Admin IT Pemantik. Tugas dan tanggung jawab sebagai Admin IT Pemantik adalah memastikan pelaksanaan asesmen dengan menggunakan Platform Pemantik dapat berjalan lancar dengan melakukan Maintenance Control Rutin. Selain itu, sebagai Admin IT Pemantik mengakomodir segala kebutuhan mitra dari mulai pembuatan akun siswa sampai akun komunitas. Sebelum bergabung di PSPK, saya bekerja sebagai Frelance untuk beberapa project dan pekerjaan serta telah diselesaikan yang berhubungan dengan pemograman seperti, Project Front End Developer, Project Apps Donasi, Project Game Developer, Project WordPress Developer. Aktivitas pekerjaan sebagai Frelance tersebut sudah ditekuni sejak tahun 2017. Selain dari pengalaman sebagai Frelance, saat ini saya tercatat Aktif Sebagai Dosen ASN di Universtas Pendidikan Ganesha dengan mengampu Mata Kuliah Statistik, Metode Penelitian, Landasan Pedagogik, dan Tri Hita Karana. Riwayat Pendidikan yang telah di tempuh untuk jenjang Sarjana jenjang Magister lulus dari Universitas Pendidikan Indonesia. Lebih lanjut, Pendidikan untuk program Doktoral masih berjalan sampai saat ini di Universitas Pendidikan Indonesia.
Publikasi
- The Effects of Integrating Folklore and Mixed Reality toward Student’s Cultural Literacy
- Evaluation of Online Learning During the Covid-19 Pandemic
- Mixed Reality (MR) in Folklore Learning
- Mixed Reality (MR) dalam Pembelajaran Folklor dalam Perspektif Guru Dan Siswa Sekolah Dasar
- Revitalisasi cerita rakyat berbasis teknologi Mixed Reality di Sekolah Dasar
Mutiara Lubis
Position: Project Management Officer
Categories: Project Management
Mutiara adalah seorang project management officer di PSPK. Saat ini ia fokus pada proses management project yang ada di PSPK dan juga terlibat di project yang fokus pada isu-isu pendidikan jenjang TK dan SD di daerah-daerah. Memperoleh gelar sarjana Ilmu Politik dari Universitas Andalas.