Penulis dalam edisi Kilas kali ini mencoba menjawab pertanyaan tentang kondisi belajar dan mengajar, dan konteks kebijakan lokal apa yang dapat meningkatkan atau malah menyulitkan siswa untuk mengalami pembelajaran yang berarti dari pengalaman bersekolah mereka. Para penulis menyoroti berbagai aspek pengalaman belajar dan pendidikan siswa. Cici T. Wanita memaparkan sebuah pendekatan unik untuk membantu siswa mendapatkan pengalaman matematika yang bermakna, yang bisa membantu anak berpikir secara matematis. Kreshna Aditya membahas aspek pekerjaan rumah (PR), yang merupakan bagian yang sangat dikenal siswa dalam proses belajar mereka di sekolah, dari sudut pandang kebijakan daerah yang hanya memvalidasi dan memperbolehkan guru untuk memberikan beberapa jenis pekerjaan rumah tertentu kepada peserta didik. Dhitta P. Sarasvati menyoroti kebijakan yang membentuk pengalaman bersekolah peserta didik pada saat di mana peserta didik bahkan belum memasuki sekolah dan melalui proses seleksi peserta didik.
Kilas Pendidikan Edisi 13 selengkapnya dapat diunduh disini