Pemerintah, sekolah, dan pendidik menghadapi tekanan yang besar untuk memainkan peran yang integral dalam membangun generasi muda yang mampu berpartisipasi aktif dan berkontribusi penting dalam masyarakatnya dan dunia global yang sedang mengalami perubahan besar. Para penulis di edisi Kilas kali ini mencoba menjawab sebuah pertanyaan yang mendesak di antara para pemikir pendidikan kontemporer, praktisi, dan pembuat kebijakan kepentingan: Bagaimana kita tahu sistem pendidikan sedang berjalan untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan abad ke-21, dan perubahan apa dalam sistem ini, misalnya dari segi input, proses, serta kerangka kebijakan, yang diperlukan untuk menghasilkan outcome yang diharapkan?
Bersama-sama, empat penulis yang ditampilkan dalam Kilas kali ini meminjamkan tiga perspektif untuk menjawab pertanyaan ini. Pertama, mereka menawarkan perspektif kualifikasi, dengan menjelajahi juga konteks sejarah dan politik masa lalu dan sekarang yang membentuk paradigma yang mendasari pengertian kita akan profesi-profesi pendidik dan tenaga kependidikan, serta kualifikasi pendidik. Para penulis menelusuri tuntutan jaman yang dihadapi untuk, dalam kata-kata Iwan Syahril, me-reimajinasi pandangan yang ada terhadap profesi pendidik, dan tanggung jawab yang dipangku para pendidik.