Kilas Kebijakan PSPK – Asesmen Literasi Berbasis Komunitas

Oleh:

Kemampuan literasi merupakan dasar yang dibutuhkan untuk meningkatkan berbagai keterampilan. Namun, skor literasi membaca dan matematika di Indonesia tidak mengalami peningkatan signifikan dalam 10-15 tahun terakhir.

Kendati demikian, beberapa studi menunjukkan bahwa hasil asesmen dapat meningkatkan keterampilan literasi secara signifikan. Guru sebagai subjek pelaku asesmen memiliki peran penting dalam mengintegrasikan teknologi dengan asesmen, namun pertama-tama guru harus mampu melakukan asesmen dengan benar, sebab keterampilan guru merupakan kunci utama dalam keberhasilan kolektif untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.

Lantas bagaimana tantangan yang dihadapi guru dalam melakukan asesmen berbasis komunitas?

Penafian: Kilas Kebijakan ini murni hasil refleksi pandangan peneliti Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK) berdasarkan hasil dari studi literatur dan keterlibatan langsung PSPK dalam PPDB Bersama DKI Jakarta di lingkup Dinas Pendidikan kota DKI Jakarta. Kilas Kebijakan ini dapat dikutip, disebarluaskan, dan dipergunakan untuk tujuan nonkomersial.