KILAS PENDIDIKAN edisi ini menyoroti praktik pendidikan berbasis standar di Indonesia. Kajian ini didorong oleh berbagai tantangan yang dihadapi selama implementasi Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang mengakibatkan belum maksimalnya SNP sebagai sarana penjaminan mutu pendidikan di Indonesia. Dalam KILAS PENDIDIKAN ini, Penulis akan menyampaikan secara ringkas latar belakang munculnya fenomena standardisasi di sektor pendidikan, yang kemudian diikuti dengan bagaimana Indonesia mengimplementasikan pendidikan berbasis standar melalui SNP dan tantangan-tantangan yang dihadapi. Dengan melakukan komparasi terhadap praktik di negara lain, mengkaji penelitian yang pernah dilakukan, dan menganalisis regulasi terkait, Penulis mencoba untuk merekomendasikan kebijakan SNP yang relevan dan dapat merealisasikan penjaminan mutu berkelanjutan sesuai konteks pendidikan di Indonesia.
Baca selengkapnya “Kilas Pendidikan: Quo Vadis Pendidikan Berbasis Standar di Indonesia: Tantangan dan Rekomendasi” di sini:
Kilas Pendidikan ini murni hasil merefleksikan pandangan peneliti Pusat Pendidikan dan Kebijakan (PSPK) berdasarkan hasil dari studi literatur dan keterlibatan langsung PSPK dalam rangka mengulas pemetaan berbagai tantangan kebijakan SNP sekaligus merekomendasikan solusi yang relevan sebagai upaya untuk melakukan penjaminan mutu berkelanjutan sesuai konteks pendidikan di Indonesia. Kilas Pendidikan ini dapat dikutip, disebarkan, dan dipergunakan untuk tujuan non-komersial.